FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN PADA HARDISK KOMPUTER

FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN PADA HARDISK KOMPUTER

Hardisk adalah merupakan bagian yang sangat penting pada computer atau laptop. Bagian yang mempunyai tugas sebagai media penyimpan data, melihat fungsi yang begitu sangat pentingnya kita mesti merawatnya dengan baik kan??? Agar bisa lebih awet dan bisa lebih tahan lama dipakai akan kegunaannya .. Untuk itu sangat perlu sekali diketahui beberapa factor penyebab kerusakan pada Hardisk, diantaranya sebagai berikut :

1.      Factor usia Hardisk
Usia Hardisk yang telah lama merupakan salah satu factor yang dapat menyebabkan kerusakan. Hal ini sudah dapat dimaklumi, namun dengan perawatan yang tepat mungkin akan lebih awet dan lebih tahan lama untuk bisa dipergunakan.

2.      Shutdown tidak sesuai prosedur
Mematikan komputerr dengan langsung mencabutnya dari steker dapat berakibat fatal untuk kondisi Hardisk. Jadi pastikan Anda mematikan computer dengan prosedur Shutdown yang tepat.

3.      Aktifitas Hardisk berlebihan
Terlalu sering bermain game, memutar music dan video berlama-lama dapat mengganggu kesehatan Hardisk. Setidaknya Anda harus bijak dalam menggunakan computer atau laptop.

4.      Over head
Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan Hardisk. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada Hardisk.

5.      Sering terjadinya pemadaman listrik atau naik turun tegangan yang tidak stabil
Seringnya listrik padam yang mengakibatkan computer mati secara tiba-tiba juga berpengaruh besar pada kerusakan Hardisk. Jadi jika didaerah Anda listrik tidak normal silahkan antisipasi menggunakan pengaman tegangan seperti Stavolt dan UPS.

6.      Jatuh atau terbentur
Terkadang saja laptop kita jatuh atau Hardisk yang kita bawa terbentur oleh benda-benda keras saat kita melakukan pemindahan Hardisk. Untuk menghindari hal ini Anda dapat membawa laptop menggunakan tas yang aman, atau saat memindahkan Hardisk pastikan tidak akan terjadi guncangan.

7.      Hardisk tidak terawat
File-file pada recycle sebaiknya dibuang. File yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa dan head Hardisk membaca dengan acak sebab susunan file tidak rapi. Hal ini juga termasuk salah satu penyebab terjadinya bad sector.

8.      Terlalu sering atau tidak sama sekali melakukan Defrag
Tujuan defrag adalah melakukan perawatan Hardisk, namun jika berlebihan akan berakibat kurang bagus pada Hardisk bahkan bad sector juga bisa terjadi disebabkan karena defrag yang terlalu sering. Disarankan hanya melakukan 2-3 bulan sekali.

9.      Membawa laptop dalam kondisi menyala
Saat laptop dalam kondisi Standby atau hibernatedisarankan untuk tidak membawa laptop kemana-mana karena beresiko guncangan yang berlebihan.

10.  Sering melakukan Install dan Uninstall program
Telalu sering melakukan penginstalan program atau uninstall program pada computer dapat menyebabkan Hardisk mudah mengalami bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan pengistalan ulang.

Demikian beberapa factor penyebab kerusakan Hardisk pada computer atau laptop. Sebaiknya menghindari hal-hal tersebut dengan lebih hati-hati dan tidak kalah lebih penting lagi berikan perawatan yang tepat agar Hardisk bisa lebih awet dan bisa lebih tahan lama untuk digunakan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat ;-) twiink!!!

1 Response to "FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN PADA HARDISK KOMPUTER"