MENGATASI SMARTPHONE BLACKBERRY AGAR TIDAK MUDAH LEMOT/LAMBAT










MENGATASI SMARTPHONE BLACKBERRY AGAR TIDAK MUDAH LEMOT/LAMBAT

Smartphone Blackberry  tiba-tiba menjadi hang atau lemot/lambat mungkin sudah sering Anda dengar/alami saat ini. Kejadian itu sudah sering terjadi pada semua tipe Blackberry mulai dari Blackberry 8320Blackberry Bold hingga Blackberry Curve hingga seterusnya. Jika Anda mengalami hal tersebut, tentunya akan sangat menjengkelkan bukan??? terutama apabila saat membutuhkan mobilitas yang sangat penting.
Selain lambat, terkadang Blackberry juga sering mengalami masalah hang/tidak bisa diapa-apakan kecuali layar putih saja. Penyebab Blackberry menjadi lemot atau lambat itu sangat beragam, beberapa diantaranya akibat membuka beberapa file/aplikasi sekaligus atau sedang menggunakan fasilitas internet tanpa memori eksternal. Penggunaan memori eksternal mempunyai peran yang sangat penting untuk mengatasi masalah Blackberry lambat  Khususnya dalam penyimpanan dan pengolahan data di smartphone Blackberry Anda.
Untuk mengatasi masalah smartphone Blackberry yang lambat, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik berikut ini :
1.      Uninstall aplikasi yang penting
Pastikan memori internal smartphone Blackberry Anda masih mencukupi kapasitasnya. Jika sudah penuh, Anda dapat menghapus atau meng-uninstall sebagian aplikasi yang tidak penting.

2.      Batasi group BBM
Group BBM adalah penyumbang 'sampah' terbesar yang membuat BlackBerry kita menjadi lemot. Carilah group BBM yang benar-benar berguna, teman-teman kita yang lain toh masih bisa dihubungi melalui BBM pribadi, email, Twitter atau lainnya.

3.      Tutup chat di BBM yang sudah selesai
Jika Anda merasa bahwa percakapan dengan seseorang itu penting, Anda dapat menyimpan percakapan tersebut di media card dengan melakukan setting di BBM - Options - Cari Save Chat History lalu pilih media card.
Namun jangan sampai, aktivitas percakapan yang sudah selesai jauh-jauh hari tetap Anda biarkan. Bijaklah menggunakan BBM, dimana salah satu caranya menutup aktivitas chat setiap obrolan selesai.

4.      Hapus email yang tidak diperlukan
Ini juga menjadi salah satu penyumbang lemot, terutama email yang memiliki attachment cukup besar. Saat Anda melakukan delete biasanya akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld (email di BlackBerry dan di Mailbox Server akan dihapus) atau On Handheld (hanya email di BlackBerry saja yang dihapus).
Kalau email yang akan Anda hapus itu dirasa masih cukup penting, cukup pilih On Handheld saja. Jadi Email aslinya masih akan tersimpan di Mailbox (Yahoo, Google, atau klien email Anda lainnya).

5.      Bersihkan cache pada browser (cache cleaning) dengan langkah masuk ke aplikasi  browser, tekan logo Blackberry pilih Option. Pilih menu Cache Operation atau Clear Browsing Data (tergantung pada versi OS smartphone Blackberry Anda). Pilih semua pilihan Clear.

6.      Bersihkan Event Log (Event Log Clearning Home Screen). Pada Homescreen tahan tombol ALT, kemudian tekan L G L G secara bergantian. Kemudian akan muncul Event Log, tekan tombol Blackberry dan pilih Clear Log.

7.      Memory Cleaner Options. Pilih Options>Security Options>Memory Cleaning. Ubah status dari Disable ke Enable. Pilih Clear Now.

8.      Tips yang paling ampuh saat BlackBerry Anda lemot adalah :
Soft Reset.
Tekan bersamaan tombol ALT– Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del — selesai (Khusus BlackBerry yang menggunakan keyboard)
Hard Reset
Biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama minimal 3 menit kemudian pasang kembali baterainya.
Demikian tips cara mengatasi smartphone Blackberry yang mudah lemot/lambat, semoga bermanfaat dan semoga smartphone Blackberry Anda awet. Terima Kasih, Selamat mencoba ;-)..



0 Response to "MENGATASI SMARTPHONE BLACKBERRY AGAR TIDAK MUDAH LEMOT/LAMBAT"

Post a Comment