TIPS Agar Android tidak mudah lemot.

TIPS Agar Android tidak mudah lemot

Munculnya system berbasis android yang marak digunakan dalam ponsel smartphone membuat semakin canggih dan memudahkan pengguna apalagi dengan munculnya banyak berbagai macam aplikasi yang sesuai dengan perangkat android dan sesuai dengan kebutuhan kita. Namun masalah umum yang sering dialami pengguna handphone android adalah lemot atau lambat ketika dioperasikan. Awalnya masalah ini bukanlah sesuatu yang besar namun dengan pesatnya perkembangan teknologi dimana kecepatan adalah aspek utama, masalah lemot ini menjadi krusial dan akhirnya banyak orang berusaha mencari solusi agar ponsel android mereka bisa beroperasi dengan lancer dan tidak lemot.
Sama halnya dengan system operasi pada perangkat desktop, sistem operasi yang dipakai di perangkat mobile juga akan mengalami penurunan kinerja jika digunakan dalam waktu yang lama. Penurunan kinerja tersebut ditunjukkan dengan lambatnya kerja ponsel (LEMOT BOSS :D). Begitu juga dengan system operasi android yang saat ini menjadi system operasi mobile paling banyak digunakan. Semakin lama usia Android Anda, maka kinerjanya akan semakin menurun.  Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti penggunaan banyak aplikasi, memori penuh, dan masih banyaka lgi. Nah untuk mengatasi Android lemot, berikut tips untuk Anda :

Nonaktifkan Live Wallpaper
Live Wallpaper atau wallpaper bergerak selain memboroskan baterai ternyata juga dapat memperlambat kinerja Android. Nah, untuk lebih efisiensinya gunakan wallpaper biasa, caranya masuk menu setting> display dang anti dengan gambar statis.

Seleksi Aplikasi yang tidak penting
Keistimewaan Android adalah banyaknya dukungan aplikasai gratis yang terbesar di Google Play Store. Hal itu membuat banyaka pengguna android membabi buta dalam mneginstal aplikasi tanpa pertimbangan. Padahal semakin banyak aplikasi atau game yang terinstall akan semakin membebani memori sehingga kinerja ponsel akan semakin berat. Oleh sebab itu lakukan seleksi aplikasi sebelum menginstall, pasang apliksai yang benar-benar diperlukan dan berguna untuk menunjang aktifitas kita serta  hapus aplikasi yang dianggap tidak penting atau jarang digunakn. Caranya, masuk menu  Play Store - My Apps atau melalui setting - App - All dan lakukan penghapusan.

Matikan Animasi
Salah satu indikasi Android mulai lemot adalah perpindahan menu yang melambat. Untuk mempercepat agar lebih gesit, matikan animasi perpindahan menu. Carannya masuk ke menu setting - Delevoper options lalu setting off pada pilihan animasi yaitu windows animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale.

Kurangi Penggunaan Widget
Wdget merupakan sortcut dan icon yang menampilkan informasi realtime pada homescreen. Dengan karakter selalu mengambil dan menampilkan informasi secara realtime, maka semakin banyak widget akan berakibat pada lambatnya kinerja ponsel. Selain itu terlalu banyak widget juga membuat baterai dan bandwith cepat habis. Untuk mengatasi android lemot maka sebaiknya kurangi penggunaan widget.

Gunakan microSD berkecepatan tinggi
Meski sudah dibekali dengan memori internal yang relative besar 4GB atau 8GB namun kebanyakan pengguna tetap merasa kurang, dan menyisipkan kartu memori microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan, kehadiran microSD memang membuat memori lebih lapang, namun dilain sisi microSD juga berpotensi membuat Android menjadi lemot karena membutuhkan komunikasi unuk membaca dan menulis data diluar ponsel. Oleh sebab itu gunakan microSD yang berkecepatan tinggi, kartu memori dengan kelas 6 atau 10 mungkin menjadi yang terbaik untuk kinerja Android. (baca : cara memilih microSD yang bagus untuk Android)


Demikian beberapa tips simple untuk mengatasi Android yang lemot tanpa menginstal aplikasi tambahan. Jika memang masih terasa kurang maksimal Anda bisa mengombinasikan dengan aplikasi pengelola memori seperti Cache Cleaner. Terima kasih,semoga bermanfaat!! ;-)

0 Response to "TIPS Agar Android tidak mudah lemot."

Post a Comment